Jumat, 22 Januari 2010

Data dan Fakta Indonesia dalam Dunia Maya

Jumat, 22 Januari 2010


Internet merupakan salah satu media baru untuk memperoleh informasi. Sejak ditemukan, pengguna Internet semakin meningkat dan hingga kini diketahui bahwa pengguna Internet di seluruh dunia mencapai 1,5 milyar orang. Lalu bagaimana kiprah Indonesia di dunia maya?
Pengguna Internet Indonesia diketahui sebanyak 12,5 % dari total populasi negara kita. Yah, sekitar 30 jutaan lah. Nah, dari angka itu, kalau dilihat dari statistik pengguna Facebook, Indonesia diketahui meyumbang lebih dari 15 juta pengguna. Itu artinya, 1 dari dua pengguna Internet Indonesia memiliki satu akun Facebook
Dari data, diketahui bahwa pengguna Internet dunia, sekitar 41%nya berasal dari Asia. Nah, dari angka itu, Indonesia menempati Rangking kelima dari Pengguna Internet asal Asia terbanyak. Wow, makin mencengangkan toh?
Melihat data statistrik pengguna Facebook yang dikeluarkan oleh Facebook.com secara resmi akhir tahun 2009 lalu, pasti akan membuat kita tercengang. Bagaimana tidak, Indonesia menurut data tersebut ditempatkan di posisi ke 4 sebagai negara dengan pengguna akun Facebook terbanyak di dunia. Sekali lagi,, data ini dibandingkan dengan pengguna Facebook diseluruh dunia lho! Hebat!!
Nampaknya kebebasan mengakses informasi terutama di dunia maya sudah merupakan kebutuhan yang cukup penting bagi sebagian kalangan di negara kita. Meskipun dengan kualitas kecepatan dan jaringan yang masih kalah jauh dari negara-negara tetangga, namun dengan animo warga Indonesia kepada Internet yang besar ini seharusnya menjadi bahan pertimbangan bagi penyedia jasa layanan internet untuk semakin meningkatkan performa layanannya. Dan bagi pemerintah, hendaknya menyiapkan langkah-langkah stategis untuk menanggulangi dampak-dampak negatif yang kemungkinan akan timbul dari semakin luasnya penetrasi pengguna Internet Indonesia ini.
Sumber :
http://www.nickburcher.com/2009/12/facebook-usage-statistics-by-country.html
http://rizalsyadidan.blogspot.com/2009/01/indonesia-berada-pada-posisi-ke-5.html
http://id.news.yahoo.com/viva/20100111/ttc-pengguna-internet-indonesia-tumbuh-1-078ed6a.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cerita Tempoe Doeloe dan Masa kini. . . ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates