Sabtu, 23 Januari 2010

Indonesia Rangking 111 Terkorup

Sabtu, 23 Januari 2010

Kasus-kasus korupsi yang terjadi di Indonesia sangatlah berfariasi, mulai dari kasus korupsi kecil-kecilan hingga kasus korupsi besar-besaran. Kasus korupsi yang sedang terjadi pada akhir-akhir ini adalah mengenai kasus korupsi pemerintahan daerah. Adanya program otonomi daerah yang di galakan oleh pemerintah pusat untuk mensejahterakan rakyat atau masyarakat yang tinggal di daerah-daerah. Hal tersebut sekarang ini bukannya mensejahterakan masyarakat pada daerah tertentu malah mensengsarakan rakyatnya. Pemerintah daerah yang dipercaya oleh pemerintah pusat untuk menggelola dana dari pusat untuk mensejahterakan dan memajukan daerah tersebut malah di manfaatkan untuk mereka-mereka yang berbuat korupsi besar-besaran di daerah.

Kasus korupsi di daerah telah lama ditemukan pada pemerintahan tiap daerah, bahkan pada negara-negara maju maupun negara berkembang. Pada akhir-akhir ini, polisi dengan KPK (Komisi Pemberantas Korupsi) melakukan penangkapan para kepala daerah yang terbukti korupsi. Salah satunya adalah mantan Bupati Rokan Hulu, Ramlan Zas. Ia terbukti bersalah melakukan korupsi di daerahnya sebesar Rp 3,5 miliar dari dana APBD tak terduga daerah Rokan Hulu, Pekanbaru. Kini mantan Bupati Rokan Hulu, Ramlan Zas divonis hukuman 3 tahun penjara, karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

Berdasarkan data transparansi internasional tahun 2009, Indonesia mendapat nilai 2,8 naik dari nilai 2,6 pada tahun 2008, dengan rentan index dari 0 (terkorup ) hingga 10 terbersih. Indonesia kini berada pada peringkat ke 111 negara terkorupsi dari 180 negara yang ada di dunia. Namun selama kurang lebih kurun waktu 14 tahun, index itu bagi indoesia dianggap yang paling baik. Dalam lingkup yang lebih kecil, yakni 10 negara asean, Indonesia naik pringkat ke deretan ke 5 dibawah singapura (9,2) , brunei (5,5), Malaysia (4,5) , dan Thailand (3,4). Prestasi yang lumayan, karena pada tahun 2008 lalu kita berada di posisi buncit/ terakhir alias terkorup. Tekad pemerintah untuk memberantas korupsi memang sudah mulai terbukti hebat, satu persatu para pelaku korupsi dapat terungkap kasusnya dan menangkap para pelakunya. Untuk memberantas korupsi, memang diperlukan kerja sama dari seluruh elemen bangsa, serta adanya tekad dan kemauan dari kepemimpinan politik tertinggi yang berkuasa.

Meskipun kasus-kasus korupsi di Indonesia sudah terbilang sangat parah dan terjadi dari berbagai level maupun bidang, namun perlahan-lahan hal tersebut dapat kita berantas dengan niat untuk menjadikan bangsa ini bangsa yang maju dan bersih dari korupsi. Jangan lupa introspeksi diri juga, apakah sudah bebas korupsi atau belum? kalau masih suka curi-curi menggunakan fasilitas kantor atau memanipulasi uang lembur, bisa dilaporkan ke KPK lho, dan KPK akan melakukan pemeriksaan terhadap anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cerita Tempoe Doeloe dan Masa kini. . . ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates