Kamis, 21 Januari 2010

Komunitas Penyelamat Bumi

Kamis, 21 Januari 2010
Komunitas Penyelamat Bumi


Pemanasan global kini mulai terasa hingga ke penghujung dunia. Seluruh manusia dan makluk bumi di dunia ini merasakan hal tersebut. Ini semua terjadi tidak lepas dari ulah-ulah manusia itu sendiri yang sama sekali tidak mencintai alam sekitarnya dan lingkungan yang di tinggalinya. Masih banyak orang yang melakukan penebangan-penebangan liar di hutan-hutan maupun di tempat-tempat tertentu yang banyak pohon-pohon besarnya, perbuatan manusia yang seperti itu adalah semua demi keuntungan uang yang di dapat dari hasil penjualan kayu-kayu dari pohon-pohon itu. Sungguh ironis jika melihat segerombolan orang yang melakukan penebangan liar terutama saat musim kemarau tiba. Selama ini orang-orang hanya bisa mengeluh-mengeluh saja ketika kepanasan, tetapi tidak ada usaha yang di lakukan untuk lingkungannya agar asri, sejuk dan banyak sekali pepohonan.
Salah satu perkumpulan atau komunitas yang sadar akan lingkungan hidup ialah komunitas sepeda tua atau komunitas sepeda onthel. Sekarang ini banyak sekali club-club sepeda onthel se-Indonesia yang cinta akan lingkungan hidup dan melestarikan kebudayaan dari nenek moyang yang telah ada dari jaman dahulu kala. Walaupun komunitas ini awalnya dari hobi saja, namun komunitas ini banyak manfaatnya bagi alam sekitar kita karena mereka menggunakan alat transportasi yang ramah lingkungan tanpa asap polusi yaitu sebuah sepeda onthel. Pada jaman dahulu kala, kakek atau nenek kita pergi ke sawah maupun bekerja mereka menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya. Sepeda yang mereka dulu pergunakan untuk bekerja orang kini sering menyebutnya sepeda onthel/ piet kebo (kalau orang jawa mengatakan). Komunitas sepeda yang terdiri atas berbagai macam kalangan ini terbukti dapat mempererat tali persaudaraan antar onthelis atau penggemar sepeda tua. Selain gemar mengendarai sepeda onthel, komunitas ini sering mengadakan kampanye-kampanye gemar bersepeda dengan menggunakan tema-tema acara selamatkan bumi kita/ stop global warming dengan sepeda onthel. Acara ini di adakan rutin tiap tahun di berbagai daerah di Indonesia (Link acara-acara: http://sepeda.wordpress.com), dan animo dari jumlah peserta yang datang mencapai ribuan dari berbagai daerah di Indonesia.
Komunitas ini juga mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan sepeda, dan meninggalkan kendaraan bermotor untuk kegiatan sehari-hari. Karena dengan bersepeda dapat menyehatkan tubuh kita dan menyelamatkan lingkungan kita dari ancaman pemanasan global. Selain komunitas sepeda onthel, kini juga terdapat komunitas sepeda yang diberi nama "Bike to Work", yaitu komunitas para pekerja yang menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor. Semoga dengan adanya komunitas-komunitas sepeda di seluruh Indonesia paling tidak sedikit demi sedikit dapat mengurangi pemanasan global yang terjadi saat ini. Kini tinggal dari pihak pemerintah daerah maupun pusat dapat merespon positif dengan adanya komunitas-komunitas sepeda tersebut dengan adanya jalan atau rute khusus bagi pengguna sepeda di Indonesia ini dan melakukan penghijauan kembali.

2 komentar:

batavus

sedikit yang bisa kita lakukan untuk langit yang kita cintai, dengan bersepeda ikut SOB (Sedulur Onthel Banyumanik)...

mengurangi menggunakan kendaraan bermotor adalah tindakan NYATA,bahwa kita mencintai langit yang biru...

naik sepeda onthel menyegarkan badan dan bumi...

kalau tidak sekarang, kapan lagi kita membalas kebaikan bumi yang telah kita tempati selama ini..??!!

anakgendutimut

Terima Kasih mas atas commentnya, memang benar melalui sepeda onthel kita dapat mangurangi polusi udara hingga 20%.
Semoga tiap hari makin banyak saja orang yang senang dengan sepeda dan manggunakannya untuk kegiatan sehari-hari.

Posting Komentar

 
Cerita Tempoe Doeloe dan Masa kini. . . ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates